APKASI Otonomi Expo 2024

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Sigi turut berpartisipasi dalam ajang Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2024. Apkasi Otonomi Expo 2024; Trade, Tourism and Investment dengan tema "Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045", dilaksanakan pada 10-12 Juli 2024 bertempat di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. Apkasi Otonomi Expo merupakan agenda tahunan dari APKASI sebagai salah satu implementasi tugas pokok dan fungsi organisasi dalam memfasilitasi 416 pemerintah kabupaten untuk mempromosikan berbagai komoditas unggulan, potensi wisata, dan peluang investasi di masing-masing daerah untuk bisa bersaing di pasar nasional dan global.

Selama tiga hari penyelenggaraan, Apkasi Otonomi Expo 2024 menghadirkan pameran yang diikuti oleh pemerintah kabupaten, Kementerian dan Lembaga Negara, BUMN, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta investor. Para pengunjung dapat menjelajahi berbagai stand pameran untuk melihat dan membeli produk-produk unggulan daerah, seperti pangan, kerajinan tangan, dan hasil pertanian. Pada kesempatan Apkasi Otonomi Expo 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Sigi menghadirkan 12 IKM pangan dengan 23 jenis produk dan 5 IKM kerajinan dengan 20 jenis produk.

Penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2024 dimeriahkan dengan kehadiran Wali Kota Solo yang juga Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka pada hari Rabu, 10 Juli 2024. Kehadiran Gibran disambut meriah oleh peserta dan pengunjung expo. Dalam kunjungan tersebut, Gibran berkeliling ke sejumlah stand pameran termasuk stand pameran Pemerintah Kabupaten Sigi dan berkesempatan untuk berbincang dengan penjaga stand pameran serta membeli produk pangan unggulan bawang garing sigi.

Selain Wakil Presiden terpilih, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo didampingi Ketua Umum APKASI Sutan Riska, turut hadir dan menyempatkan diri mengunjungi stand pameran Pemerintah Kabupaten Sigi pada saat penutupan expo hari Jumat, 12 Juli 2024. Menpora mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi daerah melalui Apkasi Otonomi Expo 2024 dan menilai bahwa expo ini sebagai langkah positif dalam mendorong kemajuan daerah.

Selain pameran, Apkasi Otonomi Expo 2024 juga menyelenggarakan berbagai forum bisnis yang mempertemukan para pelaku usaha dan investor. Forum-forum ini menjadi platform ideal untuk membangun jaringan dan menjajaki peluang kerja sama investasi di berbagai sektor. Diharapkan Apkasi Otonomi Expo 2024 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, dengan meningkatnya investasi, lapangan pekerjaan akan terbuka dan akan mendorong pertumbuhan UMKM. Secara keseluruhan, penyelenggaraan expo diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan sejahtera.