Operasi Pasar SPHP dan Pemantauan Harga Kebutuhan Bahan Pokok Menjelang Bulan Ramadhan di Pasar Rakyat Ranggulalo

Dalam rangka melakukan stabilisasi harga pangan khususnya beras, Perum Bulog melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) melaksanakan operasi pasar beras murah bertempat di Pasar Ranggulalo, Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Kanwil Perum Bulog Sulteng, Kepala Dinas Perindustrian dan Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog untuk memantau sekaligus survey harga beras pada beberapa penjual yang ada di lokasi pasar.

Berada di lokasi yang sama, dalam rangkaian kegiatan pemantauan harga bahan pokok dan ketersediaan bahan pangan menjelang bulan ramadhan, turut hadir Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Holtikultura dan Perkebunan serta beberapa Pejabat lingkup Kabupaten Sigi. Pada kegiatan operasi pasar beras murah kali ini, kuota beras yang disediakan sebanyak 2 ton dengan harga Rp. 9.400/kg. Pelaksanaan operasi pasar ini terpantau ramai dan kondusif, tingginya minat masyarakat sangat dipengaruhi oleh tingginya harga beras dipasaran saat ini yang belum kunjung turun ke harga normal atau harga eceran tertinggi yaitu Rp. 9.450/kg.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi menyampaikan harapan Pemerintah Daerah agar kegiatan ini terus dilaksanakan khususnya di Kabupaten Sigi menjelang bulan ramadhan sehingga masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga normal dan tentunya kegiatan ini dapat memberikan dampak terhadap penurunan harga beras. Komitmen ini tentunya ditunjukkan dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan operasi pasar Perum Bulog kedepannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang menangani urusan pasar dan Dinas terkait lainnya.