Tera Ulang Timbangan Elektronik Asphalt Mixing Plant (AMP) Milik PT. Firman Anugerah Jaya

Menindaklanjuti surat permohonan PT. Razan Mandiri Perkasa tanggal 31 Mei 2024 perihal Permohonan Tera Ulang Timbangan Elektronik Batching Plant, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi melaksanakan layanan Tera Ulang Timbangan dimaksud pada hari Jumat, 07 Juni 2024 bertempat di Desa Tinggede, Kecamatan Marawola, Kompleks PT. Razan Mandiri Perkasa.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini personil yang ditugaskan sebanyak 6 orang dari Bidang Kemetrologian dengan 1 orang Penera yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pengujian terhadap timbangan elektronik batching plant tersebut. Dari hasil pengujian, kondisi timbangan elektronik batching plant dalam keadaan baik dan layak sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga berhak untuk diberikan tanda tera SAH Tahun 2024 dan Surat Keterangan Hasil Pengujian yang berlaku selama 1 tahun (berlaku sampai dengan 07 Juni 2025).

Sebagai informasi, batching plant merupakan gabungan dari beberapa alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk mencampur beberapa fraksi agregat (pasir), semen dan air sehingga menghasilkan campuran beton yang digunakan untuk pembangunan gedung, jalan hingga beton cetak. Dalam setiap campuran, telah ditentukan jumlah masing-masing komponen untuk memastikan kualitas struktur sesuai dengan ketentuan. Untuk menjamin setiap campuran sesuai dengan ketentuan, maka perlu dilakukan kalibrasi/tera ulang setiap timbangan elektronik batching plant pada masing-masing wadah campuran agar hasil pengukurannya tepat. Jaminan hasil pengukuran pada timbangan elektronik batching plant mutlak diperlukan agar hasil pekerjaan pembangunan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Diharapkan kegiatan layanan tera ulang timbangan elektronik batching plant ini, akan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam memberikan jaminan mutu produk dan secara lebih luas kepada masyarakat yang mengunakan fasilitas-fasilitas umum seperti jalan dan jembatan yang dibangun dengan campuran dan takaran yang tepat.

Bantjana Patakaran Pralaja Kapradanan (Memperdaya Ukuran Menghilangkan Kepercayaan)